Lokasi Lokasi Lokasi
Dulu saya diajarkan bahwa 3 faktor terpenting mengenai investasi property yaitu: lokasi, lokasi, dan lokasi. Mengingat betapa pentingnya faktor lokasi ini sampai diposisikan 3 kali diatas faktor-faktor lainnya.
Tapi sekarang zaman telah berubah, teknologi informasi terus berkembang sangat pesat. Yang berdampak pada berubahnya cara pandang kita terhadap berbagai hal, termasuk juga cara pandang kita terhadap investasi properti.
Dulu kita berfikir bahwa lokasi yang paling baik untuk bisnis hotel/penginapan misalnya harus di jalan protocol, tapi saat ini dengan adanya start up penginapan seperti OYO atau RedDoorz lokasi-lokasi yang dijalan kecil pun bisa berbisnis penginapan. Bahkan villa di lokasi yang jauh di atas gunung pun bisa terakses dengan media pemasaran ini. Contoh lain, untuk berbisnis kuliner pun tidak mutlak harus di jalan besar, dimanapun bisa diakses dengan aplikasi. Untuk kita berkantor yang sebelumnya minimal perlu ruko di pusat kota, sekarang bisa dengan virtual office di Co-Working Space misalnya.
Jadi tidak salah apabila faktor Lokasi-Lokasi-Lokasi saat ini bergeser menjadi Marketing-Marketing-Marketing. Iya faktor marketing menjadi penting saat ini. Anda mau berbisnis apapun kiranya penting untuk mempertimbangkan faktor marketingnya. Untuk apa kita berinvestasi di property yang lokasinya baik tapi harganya mahal, kalau kita bisa menjalankan bisnis yang sama di lokasi lain yang lebih murah.
Bahkan untuk developer perumahan pun faktor lokasi memang penting, tapi juga penting faktor kemasan dan segmentasi yang merupakan bagian dari marketing.
Sebelum anda membeli atau menjual asset property anda, mari kita diskusikan mengenai aspek marketingnya. Agar anda bisa berinvestasi dengan tepat dan optimal.