Hidden Gems
Secara harfiiah hidden gems berarti “mutiara yang tersembunyi”. Namun secara istilah, hidden gems merupakan tempat yang indah yang lokasinya belum banyak diketahui atau dikunjungi orang, atau sesuatu yang memiliki kualitas luar biasa tetapi belum dikenal luas, biasanya berkaitan dengan wisata, kuliner atau keindahan alam yang tersembunyi.
Fonomena hidden gems ini menarik untuk dicermati, khususnya untuk para Gen Z sebagai pelaku dan menikmat utamanya. Pergeseran fenomena yang juga menarik dilihat dari sudut pandang properti.
Dahulu syarat utama untuk sukses berbisnis adalah lokasi yang strategis. Bisnis restoran yang baik harus berada di lokasi yang mudah dijangkau dan dilihat khalayak. Demikian juga bisnis hotel/penginapan, bisnis wisata, perkantoran, dan banyak lagi. Karenanya dulu dikenal 3 syarat utama dalam memilih property yaitu: lokasi – lokasi – lokasi. Mengingat pentingnya faktor lokasi dalam properti.
Namun sekarang lokasi bukan menjadi syarat utama lagi dalam sukses berbisnis, ada faktor lain yang lebih penting yaitu: Digital Marketing. Saya punya contoh menarik. Saya pernah mengunjungi coffee shop di Bandung yang lokasinya berada di rooftop hotel lantai 4, dan hotelnya dalam kondisi tidak beroperasi. Artinya untuk menuju ke café tersebut kita melalui bangunan kosong dan tangga yang agak gelap. Tapi setelah kita sampai ke tempatnya memang kita disuguhi tempat yang nyaman, live music, dengan view kota yang keren dan menu café yang worthed. Ini yang dinamakan hidden gems. Pastinya buat para pebisnis generasi old tidak akan kepikiran konsep seperti ini.
Masih banyak contoh hidden gems yang lain. Kita bisa temukan tempat kuliner yang posisinya didalam gang, bahkan mobil pun tidak bisa masuk, tapi tempatnya ramai dikunjungi karena makanannya enak. Atau villa aesthetic yang lokasinya jauh dari keramaian, bahkan terkadang berada di pemukiman warga yang jauh dari mana-mana, tapi setelah kesana kita disuguhi tempat yang mewah, cozy dengan kolam renang, meja bilyard, dan spot yang instagramable.
Menarik.